senandung rindu

weezer – across the sea (pinkerton, 1996)

Mari lupakan sejenak cerita utuh lagu ciptaan Rivers Cuomo ini. Secara pribadi, potongan lirik maupun nada lagu ini cukup mewakili perasaan rindu yang membuncah. Dengarkan bagian akhir penuh amarah, distorsi gitar semakin menggaruk, sementara drum berontak tak hentik digebuk.

Meski dibuka dengan manis, sebuah intro piano dan suara lembut Cuomo. Seperti itulah rasa rindu digambarkan, awalnya menyunggingkan senyum, kelamaan mulai mengesalkan. Bayangkan saja jika memang terpisahkan lautan seperti judul lagu ini dengan yang sedang dirindukan. Keluarga, teman, siapa saja. Maka cerita lagu ini tentang surat yang diterima Cuomo dari penggemarnya di Jepang terasa berbeda.

Lalu kenapa perasaan yang diungkap bisa sama. Cuomo saat itu tengah depresi dan kesepian ditengah tuntutan album kedua. Lihat saja album Pinkerton yang memiliki progresi kord rumit ini sebagai bukti tengah ruwetnya pikiran sang komposer.

Ketika bagian “Why are you so far away from me? I need help and you’re way across the sea” dinyanyikan maka menjadi relevan dengan siapa saja yang tengah dilanda rindu, walaupun tidak benar-benar diseberang lautan, karna bisa saja hanya dibatasi sebuah bantal guling namun terasa jauhnya.

Atau memang sebenar-benarnya merindukan keluarga yang menempuh 2 kali ferry penyebrangan. Bisa saja merindukan teman-teman di pulau sebelah.

Ya, benar. Saya tengah rindu keluarga dan teman-teman.

pondok dewa bharata | denpasar – 18/4/2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s